Kamis, 02 Mei 2013

Hobi Membuat Lukisan Bubuk Kopi yang Indah dari Ukraina


Lukisan dari bubuk kopi dan pasir. ©2013 Merdeka.com/odditycentral.com
Dalam kesehariannya, Alexander Wald bekerja sebagai tukang ledeng di Lviv, Ukraina. Tetapi, di sela-sela waktu luangnya, ia suka berolahraga dan mengasah bakat seninya dengan melukis dengan media yang tidak biasa seperti bubuk kopi dan pasir.
Bakat seni yang dimiliki oleh Alexander didapatnya secara otodidak. Tidak melalui pendidikan tertentu.
Biji kopi kerap digunakan sebagai bahan artistik dalam karya mosaik oleh beberapa seniman. Namun, belum pernah yang ada menggunakan bubuk kopi sebagai materi dasar lukis. Alexander yang sejatinya suka kopi, biasanya minum 2-3 cangkir kopi sehari. Dan bukannya membuang ampas kopinya, dia mengeringkannya dan menggunakannya kembali sebagai media seni.
Alexander memulai proses artistik dengan menggambar garis di atas kanvas, dan kemudian memvisualisasikannya dengan bubuk kopi dan pasir. Untuk memberi efek gelap, dia menggunakan bubuk kopi, sedangkan warna yang ringan ditambahkan pasir. Ini adalah proses yang benar-benar melelahkan serta memakan waktu berminggu-minggu.

Sebagian besar pelanggan Alexander meminta dibuatkan potret dan ikon agama dengan biaya sekitar 100 hryvna (Rp 119.199). Namun, tak jarang dia juga memberikan lukisannya secara cuma-cuma.
Alexander Wald juga mengatakan bahwa dia telah membuat lebih dari 500 lukisan sejauh ini. Beberapa di antaranya bahkan sempat dipamerkan di galeri di luar negeri.
Penasaran? Yuk lihat hasil karya Alexander di video ini!
Ketika tukang ledeng jadi pelukis berbakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar