Sabtu, 13 April 2013

Hobi & Bisnis Membiakkan Kucing Raksasa Maine Coon




Kucing Ras Main Coon

Kucing ras  Maine Coon  adalah kucing ras asli Amerika, Pada awalnya kucing ini banyak dipelihara di Pertanian untuk menjaga gudang gandum petani di sana dari gangguan hama tikus, Sifat aktif dari kucing ini dalam menangkap gerakan tetap bertahan sampai dewasa, bila anda ingin mempunyai kucing yang besar , dan aktif kucing ini merupakan salah satu pilihan untuk hewan peliharaan anda.

Aslinya kucing ini adalah kucing Pekerja, Berbadan besar dan tahan terhadap perubahan Cuaca, Yang paling membedakan bulunya tebal dan halus, serta buntutnya yang panjang akan melambai-lambai bila berjalan. Proporsi tubuh dan keseimbangan dari semuanya menjadi nilai utama untuk kucing ini. Kwalitas bukan ditentukan dari ukuran, walaupun ukuran kucing yang besar tentunya lebih di sukai.

Bagi pemula bisnis kucing bisa mengikuti peternak yang telah ada di Indonesia yang mengembangkan kucing ras 


Beberapa  contoh jenis kucing ras beredar di indonesia adalah :

Mank/Rumpy 
Sifatnya ramah, setia, sopan dan santun serta pintar. Sebagain besar ekornya pendek, bulunya berwarna cokelat(ada juga lavender)

British Shorthair
Berasal dari negerinya Ratu Elizabeth(ya iyalah masak ya iya donk) sifatnya kalem, lembut, hangat, pintar. bulunya berwarna polos putih,hitam,biru,merah,dwiwarna, hitam pekat, belang.

Chinchilla longhair
Kucing persia teranggun. Nenek moyangnya dari Inggris (ya senasiblah kayak British Shorthair ). Ada dua macam Chinchilla yaitu chinchilla warna cerah (sejati) dan yang agak gelap (perak gradasi).

Maine Coon
Keturunan Angora dan American Shorhair. Ditakdirkan bersifat lucu, pemalu dan akrab. berbulu tipis, lembut, dan warnanya beragam. Dari Maine, AS.

Burmese Dikembangkan Dr. Thompson (USA) dari kucing ratu wong mau (Burma) dan siamese. Warna cokelat musang, warna lainnya biru, champagne, lifa, merah, cokelat, dan biru kura-kura.

Tetapi yang banyak di geluti oleh konsumen sampai saat ini adalah jenis ras Persia dan Maine Coon. Biasanya dalam segi penjualan setiap anakan persia paling murah di hargai sekitar 1juta, dan untuk anakan kucing maine coon dihargai sekitar Rp 10 juta, Makanya itu banyak breeder yang beralih dari kucing persia ke kucing Maine Coon karena dilihat dari segi keuntungannya.


berbeda dengan pasar penggemar kucing Persia yang sangat besar di Indonesia, pasar kucing Maine Coon sedang tumbuh. Anak kucing Maine Coon usia 3-4 bulan dijual Rp8-10 juta.Kucing dewasa bisa berharga Rp10-20 juta tergantung kualitas, garis darah, corak  dan lainnya. 

Dengan harga jual sebesar itu bisa ditebak, pasarnya adalah kalangan menengah ke atas, serta kelompok pekerja profesional berpenghasilan dan berpendidikan tinggi.

Memiliki kucing Maine Coon bahkan juga bisa dianggap menunjukkan derajat prestise pemiliknya yang tinggi. Kucing jantan Maine Coon dihargai lebih mahal karena pada usia dua tahun panjang badannya rata-rata mencapai satu meter, dari kepala hingga ekor.

Sementara yang betina rata-rata mencapai 80 centimeter. Bandingkan dengan kucing domestik (kucing kampung) yang rata-rata panjang badannya cuma 40-50 centimeter, sementara ras Persia antara 50-60 cm.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar