Sabtu, 13 April 2013

Hobies Membeli Lukisan Maestro Picasso "Golden Muse" Rp 435 Milyar

Wow, lukisan Picasso dijual Rp 435 miliar!
Lukisan Pablo Picasso. ©2013 Merdeka.com/extravaganzi.com

Nama Maestro /Seniman terkenal Pablo Picasso tentu tak asing lagi bagi para pecinta seni. Ia adalah salah satu seniman terbesar dan paling berpengaruh di abad ke-20. Sosok Picasso juga dikenal luas dengan gerakan seni yang disebut kubisme. 
Kini, karyanya yang berjudul Golden Muse telah terjual 28,6 juta poundsterling (sekitar Rp 435 miliar) pada lelang seni impresionis dan modern di Sotheby di London pada tanggal 5 Februari lalu.
Awalnya, lukisan ini diperkirakan akan terjual dengan harga 56,2 juta poundsterling (atau Rp 855 miliar). Meski tak sesuai harapan, panitia lelang cukup puas dengan penjualan tersebut.

Lukisan itu sendiri merupakan salah satu potret Picasso yang paling ikonik, dibuat pada tanggal 30 Oktober 1932 dan ditujukan untuk kekasihnya Marie-Therese Walter. Maka tak heran, jika ini menjadi salah satu karya Picasso yang paling diincar oleh kolektor seni. Nah, dalam lukisan ini, Marie-Thérèse Walter digambarkan sebagai Femme assise près d'une fenêtre (Wanita yang duduk dekat jendela).

"Ini merupakan potret yang menakjubkan dan monumental, yang menjadi bagian dari seri Golden Muse yang akan diperkenalkan ke publik," kata Helena Newman, seorang spesialis seni untuk Sotheby, sebagaimana dilansir Extravaganzi.com (5/2).

Cerita dalam lukisan ini rupanya menjadi magnet yang membuat banyak orang penasaran dengan kisah percintaan Picasso dan kekasihnya. Kisah pertemuan pertama Picasso dengan Marie-Therese terjadi pada tahun 1927, ketika ia baru berusia tujuh belas tahun. Kisah cinta mereka bahkan sempat menjadi lambang cinta, seks dan keinginan dalam seni abad ke-20. Di balik pria hebat, selalu ada wanita hebat.Via ; merdeka.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar