Senin, 08 April 2013

Hobi Sport Ekstrim "Cliff Diving" dari Hawaii



Olahraga ekstrem ini merupakan dimensi baru dari olahraga menyelam dan  Loncat dari tebing yang tinggi, didefinisikan sebagai akrobatik yang sempurna hingga menyelam ke dalam air, menghadapi batu-batu alam. Tamparan air saat jatuh dianggap gairah yang harus dirasakan para atlet Cliff Diving.

Olahraga ini berasal dari Kepulaian Lana, Hawaii yang terkenal sejak 1770. Raja, Kahekili menuntut anak buahnya melompat dari tebing yang tinggi dan mendarat dengan kaki yang pertama menyentuh air sebagai bukti keberanian dan kesetiaan mereka. Setelah berabad-abad tradisi ini berkembang menjadi olahraga ekstrem namun banyak dinikmati.



Melompat dari tebing berbatu dengan ketinggian 27 meter, melayang selama tiga detik di udara, menghujam air dengan kecepatan 85 km per jam, plus, gelar juara dunia disematkan buat jawaranya! Edan!

Pada dasarnya olahraga ini mirip dengan nomor perlombaan renang pada umumnya yaitu, loncat indah. Penilaian didasarkan pada manuver gerakan selama melayang dan saat jatuh ke dalam air. Khusus Cliff Diving, beberapa aturan loncat indah tadi dimodifikasi sehingga lebih rumit. Dibandingkan loncat indah, faktor risiko yang diemban para peserta saat melakukan olahraga ini juga lebih besar. Misalnya risiko terbentur karang dan batu-batuan saat meluncur dari ketinggian tebing, atau terbentur karang-karang di bawah air jika salah memilih lokasi saat pendaratan di air.

Sesuai namanya, Cliff Diving adalah jenis olahraga yang mengharuskan pesertanya melompat dari tebing dengan ketinggian tertentu. Dalam kejuaraan Dunia, tebing dimodifikasi dengan papan lompatan untuk mengurangi risiko terburuk bagi para pelompat. Selain itu, para penyelam dan perahu penyelamat juga disiagakan di area tersebut untuk segera menolong pelompat yang biasanya mengalami shock sesaat setelah menghujam air. 

Lalu apa yang membuat olahraga eksrim ini menarik? Cedera serius sampai kemungkinan fatal kematian saat melakukan olahraga ini adalah jawabannya. Selain itu para peserta juga harus menaklukkan ketakutannya karena tebing tempat mereka melakukan loncatan biasanya berdiri tegak 27 meter atau lebih. Plus tingkat kesulitan yang tinggi, dikarenakan setiap pelompat tebing harus mampu melakukan 4 kali lompatan dengan kategori yang telah ditentukan. Ini jelas berbeda dari cabang loncat indah. Ini jelas membutuhkan keberanian ekstra



Penilaian didasarkan oleh keputusan dewan juri yang terdiri dari 10 orang. Mereka adalah para ahli dan mantan atlet professional di bidang olahraga selam, loncat indah sampai petinggi badan renang dunia (FINA). Olahraga yang disponsori salah satu merk minuman energi ini telah memasuki musim ketiganya, dan tahun ini rencananya akan dimulai musim panas di Corsica, Perancis tanggal 23 Juni. Dilanjutkan ke Norwegia tanggal 7 Juli, lalu Portugal tanggal 21 Juli, Irlandia tanggal 4 Agustus, Amerika Serikat tanggal 25 Agustus, Wales tanggal 8 September dan berakhir di Oman tanggal 28 September. Di setiap Negara akan dipilih juara dan mendapatkan sejumlah nilai. Untuk mencari juara umum maka di akhir kompetisi nilai seluruh peserta akan diakumulasikan.

via: infokost.net.



Cliff Diving in Wales - Red Bull Cliff Diving World Series 2012



Cliff Diving in the Desert - Red Bull Cliff Diving 2012 Oman - TEASER



Tidak ada komentar:

Posting Komentar